Film Animasi 3D Sudamala

Kamis, 03 November 2011

Mendaftarkan Blog pada search engine

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan blog yang kita miliki ke dunia maya sehingga blog tersebut dapat dikenal dan dikunjungi. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain adalah tentu saja dengan melakukan postingan yang rutin (padahal saya sendiri juga jarang posting, jangan ditiru :D), selain dengan rajin posting kita juga dapat melakukan promosi dengan rajin berkunjung ke blog milik orang lain dan meninggalkan komentar disana, mendaftarkan ke berbagai agregator, meletakkan alamat blog disitus jejaring sosial seperti facebook, twitter, plurk my bloglog barangkali ada teman anda yang datang berkunjung ke blog anda melalui link tersebut dan yang paling efektif adalah dengan mendaftarkan blog pada search engine yang akan kita bahas kali ini.

Ada yang berangggapan bahwa apabila kita membuat blog akan secara otomatis terindeks atau berada pada list berbagai search engine, dan kenyataannya tidaklah demikian. Namun hal tersebut juga tidak mutlak salah karena dengan rajin dan rutin melakukan posting saja blog kita akan terdaftar di mesin pencari namun tentu saja posisinya berada dihalaman yang sangat jauh dari harapan. Nah agar blog tersebut terindeks pada mesin pencari dengan posisi yang sedikit lebih bagus, maka kita harus terlebih dahulu mendaftarkan alamat url blog dan deskripsi singkat blog kita pada mesin pencari.

Mesin pencari sangat banyak sekali, yang paling populer saat ini adalah Google, Yahoo, serta Msn. Siapa sih yang kenal mereka bertiga? Mereka sudah sangat-sangat terkenal didunia maya. Buat yang belum kenal kenalandulu gi, hehehe..
Apabila blog kita ingin terindeks pada mesin pencari tersebut, maka harus mendaftarkan url dan deskripsi singkat tentang blog kita pada mesin pencari mereka.
• Daftar Google
Untuk mendaftar ke google, silahkan sobat kunjungi http://www.google.com/addurl/, apabila anda sudah berada pada halaman pendaftaran ada beberapa langkah yang harus di lakukan, yaitu mengisi form yang di sediakan :
- URL –> Isi dengan URL blog anda (contoh : http://www.waw-an.co.cc)
- Comments –> Isi dengan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan blog anda
- Masukkan kodeVerifikasi yang tersedia
- Klik tombol Add URL
- Selesai.

Setelah melakukan pendaftaran ke Google, maka tidak serta merta blog yang didaftarkan tadi langsung terindeks pada mesin pencari nya, akan tetapi memerlukan 3 sampai 4 minggu baru bisa terindeks. Jika sudah 3 sampai 4 minggu dari waktu pendaftaran blog, maka cobalah ketik alamat blog anda pada mesin pencari (misal google), apakah sudah terindeks? Jika belum, coba tunggu beberapa minggu lagi, dan tuliskan kembali alamat blog anda, Jika ternyata masih belum juga, coba daftarkan lagi url blog nya ke google seperti langkah di atas.
• Daftar Yahoo!
Untuk mendaftar ke mesin pencari yahoo! silahkan buka https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit. Akan tetapi untuk mendaftar ke yahoo, anda harus terlebih dahulu mempunyai account yahoo, karena di perlukan log in terlebih dahulu ke account yahoo. Bagi yang belum punya account yahoo (email di yahoo) silahkan bikin dulu, bagi yang sudah punya, sobat tinggal login dengan username serta password. Apabila sudah login, nanti sudah tersedia kolom untuk di isi, silahkan isi kolom tersebut dengan URL blog anda, kemudian klik tombol Add URL, selesai.
• Daftar ke Msn
Untuk daftar ke Msn, silahkan kunjungi http://search.msn.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2 silahkan sobat isi huruf verifikasi dan URL anda pada kotak yang tersedia, kemudian klik tombol Submit URL, selesai.

Sebenarnya masih banyak mesin pencari yang lain selain tiga mesin pencari diatas. Dan jika anda ingin URL blog terindeks pada puluhan mesin pencari, anda bisa menggunakan bantuan situs submitter. Coba klik saja dibawah ini :

http://freewebsubmission.com

Kemudian isi alamat URL blog serta masukkan alamat email anda, kemudian klik tombol Submit Your Site.

Jika blog anda ingin lebih cepat dikenal coba lakukan ping ke bebagai agregator, salah satunya :

http://pingoat.com
Kemudian isi form yang di sediakan.

0 komentar:

Posting Komentar