Film Animasi 3D Sudamala

Rabu, 20 Juni 2012

Game Media Edukatif Kebudayaan Indonesia Berbasis Flash

Game Petualangan Taro sebagai Media Edukatif Kebudayaan Indonesia Berbasis Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) Pendahuluan Indonesia memiliki keanekaragaman budaya lokal yang dapat dijadikan sebagai aset yang tidak dapat disamakan dengan budaya lokal negara lain. Budaya lokal yang dimiliki Indonesia berbeda-beda pada setiap daerah. Tiap daerah memiliki ciri khas budaya, seperti rumah adat, pakaian adat, tarian adat dan juga alat musik. Semua itu dapat dijadikan kekuatan untuk dapat memperkokoh ketahanan budaya bangsa dimata Internasional. Kekhasan budaya lokal ini sering kali menarik pandangan negara lain. Kesadaran masyarakat untuk menjaga budaya lokal sekarang ini masih terbilang minim. Masyarakat lebih memilih budaya asing yang lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini bukan berarti budaya lokal tidak sesuai dengan perkembangan zaman, tetapi banyak budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Budaya lokal juga dapat di sesuaikan dengan perkembangan zaman, asalkan masih tidak meninggalkan ciri khas dari budaya tersebut. Salah satu kekayaan yang dimiliki oleh bangsa kita adalah keragaman budayanya yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Sebagai salah satu warisan nenek moyang kita, kekayaan budaya Indonesia haruslah dijaga dan dilestarikan. Namun pada kenyataannya pendidikan tentang penanaman nilai budaya di sekolah-sekolah masih sangat memprihatinkan. Bahkan siswa setingkat SMU ketika diberi pertanyaan tentang apakah budaya itu, sebagian besar pada umumnya masih mengartikan atau mengaitkannya dengan ’wayang’, ’kebaya’, ’ngaben’, dan lain-lain. Apakah jawaban mereka salah? Memang tidak mudah mendefinisikan budaya, tetapi budaya bukanlah hanya berupa produk saja, melainkan sebuah proses yang bersifat dinamis dan selalu berkembang, tidak akan pernah berakhir. Sehingga berbagai jawaban dari para siswa SMU diatas adalah termasuk bagian atau hasil dari kebudayaan. Inilah kesalahan interpretasi budaya pada umumnya. Culture (budaya) adalah salah satu dari dua atau tiga kata yang paling rumit dalam tata bahasa. karena saat ini kata tersebut telah digunakan sebagai konsep penting dalam beberapa disiplin keilmuan yang beragam serta beberapa sistem pemikiran yang berbeda-beda. (Raymond Williams.1976:76-7) Pendidikan budaya pada tingkat sekolah hanya menitik beratkan pada kemampuan siswa mengingat beragam hasil budaya tiap daerah tanpa bisa mengapresiasikannya dalam lingkup kehidupan sehari-hari. Fakta yang ditunjukkan oleh ketertarikan terhadap produk-produk luar dalam berbagai bentuk telah menjelaskan betapa lemahnya usaha penanaman nilai-nilai budaya Indonesia sendiri pada generasi muda penerus bangsa. Apabila permasalahan ini tidak segera ditanggapi dengan serius, maka secara perlahan namun pasti bangsa ini akan kehilangan jati dirinya dan sekali lagi dijajah secara kultural untuk menjadi negara koloni bangsa lain. Perkembangan dunia teknologi serta digitalisasi sebagai salah satu bagian yang ikut berperan dalam pembentukan kebudayaan, telah membawa era baru dalam menyikapi segala aspek kehidupan tidak terkecuali aspek pendidikan. Kemajuan teknologi ini memberikan pengaruh positif dan negatif, sehingga bagaimana kita menyikapi hal ini menjadi kunci dalam meraih manfaat yang maksimal. Pada dasarnya tujuan teknologi adalah untuk memberikan kemudahan pada manusia. Namun dalam perkembangannya, pemenuhan kebutuhan psikologis juga dapat dicapai, salah satunya yaitu melalui media Game Edukatif berbasis Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ). Bukan hanya itu, fungsi Game Edukatif berbasis Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) juga telah berkembang menjadi media terapi, sarana pelatihan dan simulasi, sampai menjadi salah satu media untuk sarana pendidikan. Teknologi saat ini telah menjadi cerminan pengetahuan yang tinggi, tidak terkecuali dengan Game Edukatif berbasis Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) yang telah mencapai beberapa generasi sampai pada saat ini. Sesuai dengan ciri budaya yang akan selalu berkembang tiada akhirnya begitu pun dengan Game Edukatif berbasis Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ), media interaktif yang satu ini pun akan terus berkembang dan menjadi sarana potensial dengan berbagai kemungkinan menanti di masa depan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah yang akan diungkapkan adalah sebagai berikut, “Apakah Software Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) itu?”, “Kenapa Game Edukatif?”, “Bagaimana penjelasan Game Petualangan Taro untuk mengenalkan Kebudayaan Indonesia?”. Berdasarkan rumusan tersebut, dapat dijelaskan tujuan penulisan makalah ini yaitu memperkenalkan software Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) sebagai media pembuatan Game Petualangan Taro yang Edukatif dan dimanfaatkan untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada siswa sekolah, masyarakat dalam negeri maupun luar negeri. Pembahasan A. Pengenalan Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) (dahulu bernama Macromedia Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc )) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) Player. Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) 5. Sebelum tahun 2005, Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) dirilis oleh Macromedia. Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama ‘Macromedia’ adalah adalah Macromedia Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) 8. (Sumber :http://blog.ub.ac.id/dejoker/2010/03/21/adobe-Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc )/) Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) berubah menjadi Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ). Sejak diakuisisi oleh perusahaan raksasa Adobe, maka Software multimedia Macromedia Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) beubah nama menjadi Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ). Akuisisi in pun bisa jadi merupakan pertanda bahwa prospek pembuatan animasi menggunakan Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) akan semakin baik. Kemampuan Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) yang popular yaitu mampu membuat Animasi. Animasi merupakan proses menciptakan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Animasi bisa berupa gerak sebuah obyek dari tempat satu ke tempat yang lain, perubahan warna atau perubahan bentuk (yang disebut morphing). Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) sangat memungkinkan membuat movie dan Game yang interaktif sehingga user dapat menggunakan alat-alat input komputer seperti keyboard dan mouse untuk menjalankan bagian movie lain, menggerakan obyek, memasukkan informasi tertentu dan menampilkan beberapa operasi sekaligus. (Andi, 2004) Logo Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) Sumber gambar : Priyanto Hidayatullah Pengenalan Komponen-Komponen Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) Sumber gambar: Yanis Oktri Pranita Di bawah ini merupakan keterangan dari kegunaan masing-masing komponen Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) secara detail: A. Timeline: digunakan untuk mengatur dan mengontrol isi keseluruhan movie Anda. B. Stage: merupakan tempat dimana Anda bekerja dalam membuat sebuah animasi. C. Tools Box: berisi alat-alat yang digunakan untuk menggambar objek pada stage. D. Color Window: merupakan window yang digunakan untuk mengatur warna pada objek yang Anda buat. E. Actions – Frame : merupakan window yang digunakan untuk menuliskan Action Script untuk Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) MX. Biasanya Action Script digunakan untuk mengendalikan objek yang Anda buat sesuai dengan keinginan Anda. F. Properties: merupakan window yang digunakan untuk mengatur property dari objek yang Anda buat. G. Components: digunakan untuk menambahkan objek untuk web application yang nantinya di publish ke internet. (Sumber: Yanis Oktri Pranita.2003.www.ilmukomputer.com) Berikut merupakan kegunaan program aplikasi Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ). a. Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) untuk Membuat Animasi Animasi telah berkembang sebegitu pesatnya, demikian halnya dengan interaksi di dalam animasi (movie). Animasi ini merupakan bagian dari dunia hiburan. Hal ini membuat animasi dan interaksi bukan menjadi masalah yang sulit dikerjakan. Contoh dari animasi 2D ini yaitu pada beberapa film kartun seperti Avatar, Doraemon, Crayon Sinchan. Selain itu juga dapat terlihat di beberapa bumper iklan berdurasi singkat seperti pada MTV AMPUH, SCTV, serta video klip seperti SAMSONS, GORILLAZ, PADI, dll. b. Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) untuk E-Card Kartu ucapan Happy B’day, Tahun Baru serta selamat Idul Fitri saat ini sudah dapat Anda kirimkan melalui email dengan desain yang lucu dan menarik. Sekarang sudah tidak zamannya lagi mengirimkan kartu ucapan dalam bentuk kertas. Kelebihan e-card (electronic card) selain desainnya yang menarik dan interaktif, juga mengurangi pemakaian kertas. c. Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) untuk Presentasi Presentasi dengan program aplikasi Microsoft Powerpoint. Uh sudah tidak zaman lagi. Saat ini presentasi dengan Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) lebih menarik. Kebutuhan media yang semakin meningkat serta semakin banyaknya kemudahan dan kecanggihan yang diberikan oleh program multimedia dan grafis saat ini, khususnya Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ), mulai membuat banyak orang beralih menggunakan untuk membuat presentasi dan company profile agar terlihat lebih profesional. d. Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) untuk Web Para pengembang web profesional saat ini juga sudah memulai mengembangkan web berbasis animasi dengan Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) sehingga tampilan web menjadi lebih interaktif dan menarik. Hampir semua web saat ini sudah terintegrasi dengan animasi Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) karena plug-in untuk Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) player juga sudah terintegrasi dengan browser internet pada umumnya. Untuk membuat animasi web dengan format Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) (SWF) kita tidak harus menggunakan software Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ), tetapi bisa juga menggunakan software lain seperti SwishMax, Vecta 3D, Swift 3D, Amara, Kool Moves dan masih banyak lagi e. Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) untuk CD Pembelajaran/Edukatif Interaktif dan Game Banyak cara untuk menyampaikan materi di dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya dengan CD Pembelajaran Interaktif dan Game. Saat ini CD PI dan Game bukanlah suatu alat yang susah di dapat. Dengan CD PI dan Game, diharapkan peserta didik ataupun pelatihan dapat dengan mudah memahami materi yang akan disampaikan. Selain itu pula, CD PI dan Game dapat menekan biaya pengadaan materi. Karena biaya CD tidak begitu mahal bila dibandingkan dengan harga kertas. Kelebihan Program Aplikasi Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) a. Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak. b. Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik. c. Kebutuhan hardware yang tidak tinggi. d. Dapat digunakan membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi interaksi, permainan, aplikasi web dan handphone. e. Dapat ditampilkan di berbagai media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA. f. Adanya Actionscript. Dengan actionscript anda dapat membuat animasi dengan menggunakan kode sehingga memperkecil ukuran file. Karena adanya actionscript ini juga Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) dapat untuk membuat Game karena script dapat menyimpan variable dan nilai, melakukan perhitungan, dsb. yang berguna dalam Game. Selain itu, Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) adalah program berbasis vektor. (Sumber: http://blog.ub.ac.id/dejoker/2010/03/21/adobe-Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc )/) (Hidayatullah:2011) Dalam perkembangannya,Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) CS 5 merupakan versi terbaru dari Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ). Dengan tambahan fitur-fitur baru semakin memudahkan untuk menganimasikan objek-objek yang anda buat.Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) CS 5 memperkenalkan fitur-fitur baru seperti : 1. Text Layout Framework Text ( TLF Text ) TLF Text ini merupakan fasilitas terbaru yang dapat digunakan untuk memformat teks secara lengkap. 2. Panel Code Snippets Panrel Code Snippets memungkinkan non-programmer untuk menerapkan kode perintah ActionScript 3.0 tanpa perlu menguasai ActionScript 3.0 3. Menambahkan Video Dengan menggunakan Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) CS5 menambahkan video ke dalam lembar kerja jadi lebih mudah 4. Effects Decorative Drawing Tool Baru Pada Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) CS5 telah ditambahkan beberapa efek baru ke dalam Decorative Drawing Tool. 5. Template Baru Berbagai template baru telah ditambahkan pada Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) CS5 untuk mempermudah dalam mendesain animasi. Kekurangan / Kerugian Menggunakan Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) a. Kekurangan dari program aplikasi Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ), salah satunya adalah komputer yang ingin memainkan animasi Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) harus memiliki Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) player. Anda harus menginstallnya, biasanya secara online. b. Kekurangan berikutnya, untuk bisa mengakses sebuah video di website Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ), dibutuhkan software Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) player. Jika komputer pengunjung tidak memiliki Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) player, maka muncul link untuk men-download software tersebut. Hal ini akan mengurangi kenyamanan pengunjung web Anda. c. Masalah lain yang pasti merugikan adalah susahnya mengoptimalkan sebuah website Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) pada Search Engine. Hal ini dikarenakan beberapa bahkan hampir semua Search Engine tidak dapat membaca teks yang ada dalam file Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ). Akibatnya spider tidak akan mengindeks teks yang ada, dan peringkat search engine pasti rendah. d. Kemajuan teknologi saat ini, memudahkan pengunjung mengakses internet melalui cellular phone / mobile phone. Sayangnya untuk website Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ), sebagian besar perangkat mobile seperti iPhone dan BlackBerry tidak dapat mengaksesnya. e. Program Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) bukan freeware sehingga untuk mendapatkan software/aplikasi Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) yang legal harus membeli Lisensi kepada perusahaan Adobe. (Sumber : http://blog.ub.ac.id/dejoker/2010/03/21/adobe-Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc )/) B. Game Edukatif Game sebetulnya ibarat pisau bermata dua. Orang bisa merasa terhibur dengan Game, terpacu adrenalinnya, menghilangkan rasa bosan, mengisi waktu luang, dan sebagainya. Di sisi lain, masalah ketagihan pada Game juga tidak bisa dihindarkan. Seseorang bisa betah berjam–jam bermain Game sampai lupa makan dan minum. Mereka paham betul tentang seluk beluk Game. Misalnya anak-anak SD zaman sekarang, kalau mereka main Game sepakbola, mereka begitu hafal dengan nama-nama pemainnya, asal klubnya, asal negaranya, mukanya, kemampuannya dan sebagainya. Namun, apabila kita bertanya kepada anak SD tentang pahlawan-pahlawan , nama-nama rumah adat ataupun kebudayaan masyarakat Indonesia, bisa jadi mereka tidak sehafal terhadap para pemain sepakbola pada Game. Maria Virvou (2011) dan kawan-kawan melakukan penelitian tentang efektifitas Game dalam membantu proses pembelajaran. Mereka menyatakan bahwa Game Edukatif virtual reality yang mereka buat (VR-ENGAGE) dapat sangat memotivasi sambil meningkatkan efek edukatif pada siswa. Lihat Gambar dan tabel Sumber gambar : Priyanto Hidayatullah Pada penelitian tersebut yang menarik adalah beliau bercerita dalam paper-nya bahwa di sekolah yang menjadi tempat penelitiannya, dulu siswa yang membuat Suasana kelas kurang kondusif. Dia sering mengganggu temannya yang sedang belajar. Namun sejak diimplementasikannya VR-ENGAGE ini, siswa tersebut tidak pernah lagi mengganggu temannya. Anak tersebut asyik memainkan VR-ENGAGE dan prestasinya meningkat. Game Edukatif yaitu Game yang dimanfaatkan untuk media pembelajaran. Peran Game Edukatif yang cukup signifikan dalam meningkatkan efektifitas proses pembelajaran juga disepakati oleh para guru di Indonesia. Misalnya saja Dra. Entit Usidati, S.ST, seorang guru Desain Komunikasi Visual SMKN 14 Bandung, menulis sebuah artikel di Harian Gala Media 11 Oktober 2010 mengatakan bahwa Game adalah media pembelajaran masa kini. Beliau kemudian menjelaskan manusia mempunyai sifat dasar lebih cepat mempelajari segala sesuatu secara virtual-verbal, sehingga, Game juga baik dilibatkan dalam proses pendidikan (Game Edukasi). Game selalu dimainkan berulang-ulang dan terus-menerus sampai para pemain merasa puas, dengan demikian materi-materi yang disampaikan akan mudah dicerna dan dimengerti oleh para pemain Game. Banyak sekali jenis Game yang bersifat interaktif bisa dipakai sebagai media pendidikan dan pembelajaran, misalnya Game petualangan, simulator Game, music Game, puzzle Game, dan lain-lain. Iwan Tahlan,(2010) pada Harian Pikiran Rakyat 25 september 2010, beliau menulis tentang Games sebagai media pembelajaran Geografi. Arus Game untuk era masa kini agak sulit dicegah. Manusia mungkin sudah mempunyai bawaan sejak lahir menyukai sesuatu yang menyenangkan, menghibur, menantang, dan semua itu ada di dalam Game. Satu yang bisa kita lakukan adalah memanfaatkan Game ini sehingga nilai-nilai pendidikan masuk kedalamnya. Contohnya, sambil mereka bermain Game, mereka menjadi pandai Bahasa Inggris. Sambil bermain Game mereka menjadi pandai fisika, pandai mengenal pulau-pilau di Indonesia serta kebudayaan masyarakatnya. C. Game Petualangan Taro sebagai Media Edukatif Kebudayaan Indonesia 1. Berikut ini definisi-definisi kebudayaan yang dikemukakan beberapa ahli: Edward B. Taylor Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adapt istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat. Koentjaraningrat Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan relajar. Ki Hajar Dewantara Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai. Arkeolog R. Seokmono Kebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan. Dari berbagai definisi di atas, dapat diperoleh simpulan mengenai kebudayaan yaitu sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide gagasan yang terdapat di dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi seni dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat. 2. Istilah-istilah yang terdapat pada Game Frank Albert Pangajow, (2008), menjelaskan bahwa dalam sebuah game biasanya terdapat istilah-istilah sebagai berikut: • Avatar, adalah karakter jagoan dari sang pemain dalam dunia permainan tersebut dan merupakan karakter yang bisa dikendalikan. • NPC (Non Playable Character ), adalah semua karakter lain di dalam dunia permainan yang tidak bisa dikendalikan oleh sang pemain.NPC bisa berupa : Pedagang,Pandai besi,Pemberi tugas (quest) ,dan lainnya. • Quest, tugas petualangan yang didapat dari para karakter penghuni dunia permainan tersebut, tugas yang diemban ini yang akan berusaha untuk diselesaikan oleh sang pemain. • PVP (Player Versus Player ), adalah mode duel yang bisa dilakukan antara karakter pemain yang satu dengan karakter pemain lainnya. • Obstacle, adalah merupakan sebuah benda/objek statis, dalam arti tidak bisa berpindah tempat dan tidak bisa berinteraksi apapun dengan avatar pemain,walau demikian sebuah obstacle bisa juga beranimasi, contohnya seperti: pohon, patung, dan lainnya. • Area, sebuah tempat/lokasi dalam permainan yang bisa dikunjungi oleh avatar pemain selama perjalanannya menyelesaikan quest. • Monster, adalah karakter antagonis/jahat alam dunia permainan, bisa berupa mahluk mengerikan, perampok,dan lainnya. • Quest NPC, karakter dalam permainan yang berbicara dengan avatar pemain dan memberikan tugas/misi petualangan. • HP (Health Point ), nilai kesehatan avatar, jika nilai ini habis maka sang avatar gugur/mati • Potion, minuman/makanan/ramuan yang bisa digunakan habis, seperti : HP Potion untuk menyembuhkan avatar, MP Potion untuk meningkatkan nilai mana avatar dan lainnya. • Game Resources, file-fie yang diperlukan oleh sebuah permainan, bisa berupa file data dari permanan, gambar, suara, animasi, dan lainnya. 3. Deskripsi Game Petualangan Taro Game Petualangan Taro yaitu Game Petualangan Taro dan tiga temannya yang mencari 6 Taro Net yang hilang di 4 Kota besar di Indonesia. Yang pertama menjawab pertanyaan dengan benar agar mendapatkan petunjuk taro Net yang hilang itu. Kedua jalankan Game ini cukup dengan keyboard untuk mengontrol gerakan setiap permainan. Yang ketiga apabila pemain mendapatkan skor tertinggi, pemain akan mendapatkan gelar Petualang Sejati. Di 4 Kota besar di Indonesia yaitu Bali, Banjarmasin, Padang, dan Jakarta. Pemain akan mendapatkan pendidikan tentang letak geografis Kota-Kota tersebut, pakaian adat, Tarian Bali, dan kebudayaan dimasing-masing Kota tersebut. Sumber: http://liandriekopuspito.blogspot.com/2011/12/game-petualangan-taro.html 4. Game Taro terbagi menjadi 4 bagian yaitu : a. Petualangan di Bali Swasti Prapta Bali, selamat datang di Bali untuk Taro Net di Pulau ini, Taro Boy mengajak kamu menari. Pengetahuan kebudayaan pada Game ini yaitu Tarian Kecak dengan gaya khas dan suara-suara cak..cak. Kuta, legian hingga Nusa Dua adalah wilayah wisata terkenal yang berasal dari Bali.Tari Pendet yang diartikan sebagai ungkapan selamat datang yang berasal dari Bali.dan sebagainya. Intruksi permainan yaitu menari untuk mendapatkan poin dengan Kontrol Keyboard Q, W, E, A, D, Z, X, C. Sumber gambar : http://berbagii-ilmu.blogspot.com/jelajah-indonesia-dengan-bermain-Game.html b. Petualangan di Banjarmasin Selamat datang di Borneo. Taro Boy mengajakmu menyusuri sungai Martapura untuk menemukan Taro Net yang hilang. Pengetahuan kebudayaan pada Game ini yaitu Rumah Gadang menjadi ciri khas dari propinsi Sumatera Barat beribukota di Banjarmasin, Soto Banjar, Telur Penyu, Udang Galah Bakar juga Kue Bingka makanan khas Kota Banjarmasin, ibuKota Kalimantan Selatan ini pernah menjadi ibuKota Propinsi Borneo, Kota Banjarmasin. Gamelan Banjar, Tarian Banjar hingga Wayang Kulit Banjar berasal dari Kota Banjarmasin. Sungai Martapura membelah sebuah Kota besar di Kalimantan yaitu Kota Banjarmasin. Instruksi Permainan dan ketentuan mendapatkan poin yaitu mengambil Pack Taro unutk mendapatkan poin, hindari rintangan untuk menghindari pengurangan poin. Kumpulkan poin sebanyak banyak-banyaknya selama waktu yang ditentukan. Sumber gambar : http://berbagii-ilmu.blogspot.com/jelajah-indonesia-dengan-bermain-Game.html c. Petualangan di Padang Selamat datang di Padang. Masyarakat suku Minang menyambutmu. Pemain diajak merangkai gambar untuk menemukan Taro Net yang hilang. Pengetahuan kebudayaan pada Game ini yaitu Tari Pasambahan, Tari Piring hingga Tari Payung banyak ditemui di Kota Padang. Lagu Ampar-ampar Pisang ciptaan Hamiedan AC adalah lagu berasal dari Kota Padang. Kota yang terkenal dengan masakan Rendang, Balado juga nasi Kapau yaitu Padang. Intruksi permainan dan ketentuan dalam mendapatkan poin adalah semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk menyusun gambar, semakin besar pula yang didapatkan. Game terbagi menjadi atas 3 tingkat kesulitan. Dengan menggunakan control klik kiri mouse dan kemudian drag potongan gambar untuk menyusunnya dengan benar. d. Petualangan di Jakarta Selamat datang di Jakarta. Pemain harus mengemudikan MPT (Mobil Petualangan Taro) untuk mencari Taro Net yang Hilang. Pengetahuan kebudayaan pada Game ini yaitu Kesenian Lenong maupun Ondel-Ondel adalah kesenian yang berasal dari Kota Jakarta. Kerak Telor, Soto Betawi juga kue Ape adalah jajanan khas Kota Jakarta. Batavia, Sunda Kelapa juga Jayakarta adalah nama kuno dari Kota Jakarta. Miniatur Negara bernama Taman Mini Indonesia Indah terletak di Kota Jakarta. Intruksi permainan dan ketentuan untuk mendapatkan Poin yaitu mengambil Pack Taro untuk mendapatkan Poin. Menghindari rintangan untuk menghindari pengurangan poin. Kumpulkan Poin sebanyak-banyaknya selama waktu yang ditentukan. PENUTUP Simpulan Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Komponen-Komponen Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) yaitu Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) Timeline, Stage, Tools Box, Color Window, Actions – Frame, Properties, Components. Kegunaan program aplikasi Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) yaitu Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) untuk membuat animasi, E-Card, presentasi, Web, CD Edukatif Interaktif dan Game. Kelebihan Program Aplikasi Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) Merupakan teknologi animasi web yang paling popular. Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik. Kebutuhan hardware yang tidak tinggi. Adanya Actionscript. Kekurangan menggunakan Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) harus menginstal Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) Player secara online, susahnya mengoptimalkan sebuah website Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) pada Search Engine, sebagian besar perangkat mobile seperti iPhone dan BlackBerry tidak dapat mengaksesnya, dan Program Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) bukan freeware. Game Edukatif yaitu Game yang dimanfaatkan untuk media pembelajaran. Manusia mempunyai sifat dasar lebih cepat mempelajari segala sesuatu secara virtual-verbal, sehingga, Game juga baik dilibatkan dalam proses pendidikan (Game Edukasi). Banyak sekali jenis Game yang bersifat interaktif bisa dipakai sebagai media pendidikan dan pembelajaran, misalnya Game petualangan, simulator Game, music Game, puzzle Game, dan lain-lain. Game Petualangan Taro sebagai Media Edukatif Kebudayaan Indonesia. kebudayaan yaitu sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide gagasan yang terdapat di dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak. Frank Albert Pangajow (2008), menjelaskan bahwa dalam sebuah game biasanya terdapat istilah-istilah sebagai berikut: Avatar, NPC (Non Playable Character ), Quest, PVP (Player Versus Player ), Obstacle, Area, Monster, Quest NPC, HP (Health Point ), Potion, Game Resources. Deskripsi Game Petualangan Taro yaitu Game Petualangan Taro dan tiga temannya yang mencari 6 Taro Net yang hilang di 4 Kota besar di Indonesia. Kota besar tersebut yaitu Bali, Banjarmasin, Padang, dan Jakarta. Pemain akan mendapatkan pendidikan tentang letak geografis Kota-Kota tersebut, pakaian adat, Tarian, dan kebudayaan dimasing-masing Kota tersebut. Daftar Pustaka Andi.(2004). Kemampuan Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ). http://www.naufala.com/blog/web-desain/kelebihan-kekurangan-website-teknologi-flash ( seminar dari wahyudream.co.cc )/ Dejoker. (2010). Adobe Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ). Online. http://blog.ub.ac.id/dejoker/2010/03/21/adobe-Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc )/ Hidayatullah, Priyanto. Aldi.D. Dan Sulistyo.P. 2011. Membuat Mobile Game Edukatif dengan Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ).Bandung:Informatika Bandung Kedy. (2012). Gambar Petualangan Taro. Online. http://berbagii-ilmu.blogspot.com/2012/02/jelajah-indonesia-dengan-bermain-game.html Ki Hajar Dewantara. Definisi kebudayaan.Online. http://id.wikipedia.org/wiki/budaya Koentjaraningrat. Definisi kebudayaan.Online. http://id.wikipedia.org/wiki/budaya Kopuspito, Liandrie. (2012). Game Petualangan Taro. Online http://liandriekopuspito.blogspot.com/2011/12/game-petualangan-taro.html Maria Virvou. 2011. Efektifitas Game dalam Membantu Proses Pembelajaran. Di dalam Hidayatullah, Priyanto. Aldi.D. Dan Sulistyo.P (Ed.). Hlm. 9 – 8. Pangajow,Frank Albert.2008.(Role Playing Game) RPG Studio.jakarta: elek media komputindo Pranita, Yanis Oktri. (2003).Tutorial Flash ( seminar dari wahyudream.co.cc ) MX Bagi Pemula. Online www.ilmukomputer.com Seokmono.Definisikebudayaan.Online.Http://wxalute.wordpress.com/2009/03/29/definisi-kebudayaan-menurut-para ahli/ Tahlan, Iwan.2010. Games sebagai media pembelajaran Geografi. Harian Pikiran Rakyat. 25 september 2010. Didalam Hidayatullah, Priyanto. Aldi.D. Dan Sulistyo.P (Ed.). Hlm. 9 – 8. Taylor,Edward B.Definisi kebudayaan.Online. Http://wxalute.wordpress.com/2009/03/29/definisi -kebudayaan-menurut-para ahli/ Usidati, Entit.2010. Game adalah Media Pembelajaran Masa Kini. Harian Gala Media, 11 Oktober 2010. Didalam Hidayatullah, Priyanto. Aldi.D. Dan Sulistyo.P (Ed.). Hlm. 9 – 8. Willams, Raymond. (1976). Culture. pp. 76-7.Online.Available at.Wikipedia.com

0 komentar:

Posting Komentar