Film Animasi 3D Sudamala

Minggu, 15 Juli 2012

tugas komputer grafis wahyu

maos saklengkapipun......

iklan mizone populer 2012

Copywrite Pengen Beraktivitas Cuma dengan kamu. Minuman Isotonic bikin badan fit tiap hari. Minuman sang Juara. Holiday. ZOegerrr.. sensasi rasanya ur flava uniquely yours. Sueger Rek.. Rasa Buah`e… Bikin tambah semangat belajar. Nutrisi Elektrolit bikin mata melek segarkan pikiran. Kalau Kamu??? Bantu Badan Pikiran Semangat 100% 0K!! MIZONE (LAPORAN DKV WAHYUDREAM.C0M 085725562345).Bab I Pendahuluan A. Analisis Situasi A.1 Analisis Terhadap Pasar Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) salah satu minuman isotonic dan dunia persaingan minuman isotonic sangat ketat. Pocari Sweat sebagai pelopor minuman isotonik masih merajai pasar. Kemudian muncul Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) yang mulai mengancam dan dalam waktu satu tahun mampu merebut pangsa pasar konsumen minuman isotonik sebesar 30%. Persaingan pun makin ketat dengan munculnya berbagai merek minuman isotonik yang menawarkan keunggulannya masing-masing. Produsen harus pandai menyusun strategi untuk menciptakan awareness produk dan menciptakan mindset positif bagi konsumen. Sampai saat ini, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) masih bertahan di peringkat kedua dan terus mengoptimalkan strategi marketing mix-nya (Product, Price, Place, Promotion ) dalam merebut pangsa pasar lebih besar di bidang minuman isotonik. Tabel 1.1 Harga Produk Minuman Isotonik di Indonesia Merek Produsen Harga Ukuran Kemasan Saluran Distribusi Pocari Sweat PT.Amerta Indah Otsuka Rp.3.350 (kaleng), Rp.1500 (Sachet) 330 ml (kaleng) Kaleng& Sachet Modern& Tradisional Pro Sweat PT. Heinz ABC Indonesia RP.3.025 330 ml Kaleng Modern Optima Sweat PT. Nara Viki Eka Beverages Rp.3.375 330 ml Kaleng Modern X- Ion Dankos Labotaries Rp. 1.000 - Sachet Modern& Tradisional Powerade Coca Cola Indonesia Rp.3.200 330 ml Kaleng Modern Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) Aqua Danone Rp. 2.275 500 ml Botol Modern& Tradisional Vitazone Mayora Indah Rp. 2.875 500 ml Botol Modern & Tradisional Isotonik Drink Modernfood Rp. 5.850 500 ml Botol Modern Sumber : http:// www.scribd.com/doc/8966339/A-Quasi-At (2010) Tabel 1.2 Top Brand Index 2008 ( Kategori Minuman Isotonik ) Merek TBI Pocari Sweat 53,4 % Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 38,7 % Vita Zone 4,8 % Powerade 0,6 % Optima Sweat 0,5 % Sumber : Produk komplemen BPOM, http:// www.pom.qo.id A.2 Distribusi Distribusi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) berorientasi nasional menggunakan jalur distribusi Aqua yang sangat luas, kuat di pasar tradisional (mudah dijumpai di warung dan toko-toko yang menjual produk Aqua. Sampai ada suatu istilah di kalangan distributor “di mana ada Aqua, disitu ada Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)”. Dalam hal distribusi, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menggunakan jalur distribusi Aqua yang tersebar merata di seluruh pelosok tanah air serta menjangkau berbagai kalangan. Survei yang dilakukan lembaga riset Qasa Consulting menunjukkan bahwa availibility Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di pasar tradisional sangat tinggi, jauh meninggalkan kompetitorny sehingga Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) dapat dengan mudah ditemukan di warung-warung, toko, supermarket, dan pasar tradisional. A.3 Kompetitor Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menawarkan produk minuman isotonik dengan 2 variasi rasa, orange lime dan passion fruit. Inovasi ini ternyata mendapat respon yang positif dari pasar. Tidak seperti kebanyakan pendatang baru di pasar isotonik yang bermain di kemasan kaleng, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menjadi penantang pertama Pocari Sweat yang masuk dalam kemasan botol plastik PET berwarna biru, mudah dibawa kemana-mana, dan dengan volume yang lebih banyak, membuat konsumen menyukai produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345). Keputusan yang cerdik karena dengan kemasan botol PET, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) bisa membidik segmen konsumen yang lebih luas, yaitu konsumen air mineral dalam kemasan botol yang jumlahnya sangat besar. Produk Pocari Sweat pun mulai meniru Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) dengan mengemas produk mereka yang semula kaleng menjadi botol plastik. Citra Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) juga meningkat di mata konsumen dengan menonjolkan logo perusahaan Aqua (Danone Aqua) yang sudah terkenal kualitasnya. B. Persepsi Konsumen Terhadap Produk dan Merek Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) Daftar Responden No. Nama Umur Pekerjaan Lokasi Survey Surveyor 1. Rita setyowati 20 th Penjahit Batu jamus Wahyu tri warno (2411409024) 2. Warjinah 40 th Pedagang Batu jamus 3. Safari 27 th Pedagang Batu jamus 4. Yani 28 th wiraswasta Batu jamus 5. kentik 30 th wiraswasta Batu jamus 6. Sulastri 27 th Pegawai PT Batu jamus 7. Riani suci 15 th Pelajar Batu jamus 8. Esti 19 th Pelajar Kuto 9. Sumiyati 19 th Pegawai toko Kuto 10. Putridamayanti 23 th Pedagang Jamus 11. Opik oktaviarini 20 th Mahasiswa Jatimalang 12. Irmawan 20 th Mahasiswa Banaran 13. muhlisin 21 th Mahasiswa Banaran 14. Dwi prasetyo 25 th Mahasiswa Banaran 15. Tata 17 th Pelajar Plosorejo 16. Joko 35 th Wiraswasta Banaran 17. kholifah 28 th PRT Banaran 18. Ria aprianti 21 th Guru PAUD Kerjo 19. rackhel 21 th Penjaga warnet Warnet kerjo 20. nurkhasanah 19 th Pelajar Kauman Berikut ini adalah daftar responden hasil penyebaran angket ikaln televisi Produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) Tabel 1.3 Tabel Daftar Responden Analisis Hasil Angket No Variabel Jawaban Angket Simpulan (terbanyak) Prosentase terbanyak a b c d 1. Responden pernah mengkonsumsi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 0 11 9 0 B=11 55% 2. Seberapa sering mengkonsumsi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 0 2 8 10 D=10 50% 3. Kampanye “ Tantangan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 100% kamu” 6 4 7 3 C=7 35% 4. Responden mengetahui kandungan dan manfaat Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 9 4 6 1 A=9 45% 5. Responden tertarik melihat iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 13 7 0 0 A=13 65% 6. Responden dalam sehari melihat iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di televisi 17 2 1 0 A=17 85% 7. Informasi yang paling di ingat dari iklan produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di televisi 2 14 0 4 B=14 70% 8. Varians rasa favorit responden 8 4 4 4 A=8 40% 9. Harga produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 0 17 3 0 B=17 85% 10. Slogan yang cocok untuk produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 2 0 18 0 C=18 90% Tabel 1.4 Tabel Rekapitulasi Responden pernah mengkonsumsi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 1. Apakah anda pernah mengkonsumsi minuman Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)? a. Sering c. Pernah b. Kadang – kadang d. Tidak pernah mayoritas B. Kadang - kadang Seberapa sering mengkonsumsi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 2. Seberapa sering anda mengkonsumsi minuman Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)? a. Setiap hari c. Saat beraktivitas berat saja b. Sebulan sekali d. Tidak pasti mayoritas D. Tidak pasti Kampanye “ Tantangan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 100% kamu” 3. Apakah anda mengetahui kampanye “Tantangan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 100% kamu”, yang diselenggarakan oleh Perusahaan pengelola Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)? a. Tahu c. kurang tahu b. Sedikit tahu d. Tidak tahu mayoritas C. Kurang Tahu Responden mengetahui kandungan dan manfaat Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 4. Apakah anda mengetahui kandungan dan manfaat produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)? a. Tahu c. kurang tahu b. Sedikit tahu d. Tidak tahu mayoritas A. Tahu Responden tertarik melihat iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 5. Apakah anda tertarik untuk melihat iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)? a. Tertarik c. Tidak tertarik b. Cukup tertarik d. kurang tertarik mayoritas A. Tertarik Responden dalam sehari melihat iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di televisi 6. Berapa kali dalam sehari anda melihat iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di televisi? a. 1- 2 kali c. lebih dari 3 kali b. 3 kali d. tidak pernah melihat mayoritas A. 1-2 kali Informasi yang paling di ingat dari iklan produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di televisi 7. Informasi apa yang paling anda ingat dari iklan produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di televisi? a. Varians rasa Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) c. Harga yang murah b. Slogan menjadi 100% kamu d. Mengandung 5 Vitamin 4 elektrolit mayoritas B. Slogan menjadi 100% kamu Varians rasa favorit responden 8. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) mempunyai banyak varians rasa, manakah yang menjadi favorit anda? a. Lychee Lemon c. Mangga Kweni b. Apple Guava d. Orange Lime mayoritas A. Lychee Lemon Harga produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 9. Bagaimanakah menurut anda untuk harga produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) saat ini? a. Sangat murah c. Kurang terjangkau b. Relatif terjangkau d. Sangat Mahal mayoritas B. Relatif terjangkau Slogan yang cocok untuk produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 10. Menurut anda Slogan manakah yang cocok untuk tema produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)? a. Everyday Restoration drink c. Be 100% 0k!! b. Recharge your Fasting Month d. It`s Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) Time mayoritas C. Be 100% You Kesimpulan : 1. Responden kadang – kadang mengkonsumsi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345). 2. Responden tidak pasti mengkonsumsi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 3. Responden mayoritas kurang tahu Kampanye “ Tantangan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 100% kamu” 4. Responden mengetahui kandungan dan manfaat Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 5. Responden tertarik melihat iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 6. Responden dalam sehari melihat iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di televisi 1 – 2 kali. 7. Informasi yang paling di ingat rsponden dari iklan produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di televisi adalah Slogan menjadi 100% kamu. 8. Varians rasa favorit responden Lychee Lemon. 9. Harga produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menurut responden relatif terjangkau. 10. Slogan yang cocok untuk produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menurut responden Be 100% 0K!!. C. Strategi Pemasaran Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) Dengan Marketing Mix Marketing mix merupakan suatu alat marketing yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan marketing dalam pasar target. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sebagai pendatang baru minuman isotonik menunjukkan eksistensinya dengan mengoptimalkan unsur 4 P marketing mix (Produk, Harga, Distribusi, Promosi) yang kompetitif . Launching produk pada saat yang tepat, variasi rasa yang disukai konsumen, harga yang terjangkau semua kalangan, ketersediaannya yang merata hampir di seluruh pelosok, serta strategi promosi yang edukatif dan kreatif mampu mereduksi pangsa pasar market leader minuman isotonik (Pocari Sweat) sebesar 30% dan menempati urutan kedua market share kategori minuman isotonik. C.1. Produk (product) Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) yang diproduksi oleh Danone Aqua merupakan kategori minuman isotonik bernutrisi. Diluncurkan pertama kali pada 27 September 2005 di Surabaya dengan rasa orange lime yang menyegarkan, rasa passion fruit yang memanjakan selera, dan pada Juni 2008 meluncurkan varian baru dengan rasa lychee lemon yang sensasional. Mengandung Hydromaxx yaitu : Vitamin B1, B3, B6, dan B12 untuk membantu metabolisme karbohidrat menjadi energi, Vitamin C, sebagai antioksidan untuk menjaga kahidupan sel dalam tubuh, dan elektrolit untuk menggantikan mineral yang hilang akibat pengeluaran keringat. Bahan dasar Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menggunakan air mineral Aqua dan sari buah alami melalui proses kristalisasi. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sendiri merupakan produk yang sudah terkenal di Australia, New Zealand, dan Cina. Pada November 2006 Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) dilanda krisis karena tidak mencantumkan salah satu bahan pengawet (natrium benzoat) dalam kemasannya. BPOM memberikan tenggat waktu hingga Desember 2006 agar Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menarik produknya dari pasaran dan memperbaiki label pada kemasan. Pada saat itu, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sudah beredar di 30 depo, 50 distributor dan 1 juta outlet di seluruh Indonesia. Penjualan turun drastis sedikitnya Rp 35 miliar perhari. Untuk mengembalikan kepercayaan konsumen, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) melakukan edukasi kepada konsumen melalui promosi baik below the line maupun above the line. C.2. Harga (Price) Dari segi harga, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sangat kompetitif sekitar Rp 2.500 untuk isi 500 mL, jika dibandingkan dengan isotonik dalam kemasan kaleng yang yang harganya sekitar Rp 3.300 untuk isi 330 ml . C.3. Distribusi (Place) Distribusi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) berorientasi nasional menggunakan jalur distribusi Aqua yang sangat luas, kuat di pasar tradisional (mudah dijumpai di warung dan toko-toko yang menjual produk Aqua). Sampai ada suatu istilah di kalangan distributor “di mana ada Aqua, disitu ada Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)”. C.4. Promosi (Promotion) Target pasar Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) adalah semua kalangan umur, namun dalam kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivtas yang dinamis. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) melakukan kampanye besar-besaran lewat placement iklan di televisi (TV), radio, media cetak, dan media luar ruang. Belanja iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sepanjang 2006 paling besar dibandingkan kompetitornya, yaitu sebesar 46,1 milyar. Pada Agustus 2006, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) mengadakan sampling road show di beberapa kota besar pada pusat keramaian. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) memasuki sekolah dengan membuat iklan dan pembuatan logo Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) pada lapangan olahraga (lapangan basket) serta di white board SMA ternama di beberapa kota besar. Momen puasa (November 2006) menjadi peluang Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) dalam mempromosikan produknya. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) melakukan berbagai variasi program baik di radio, games pada pusat keramaian, dan 2 iklan komersial di TV. Program “It’s Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) Time” pada beberapa stasiun radio di Jakarta, Surabaya dan Bandung yang menawarkan kuis yang menarik serta penerbitan buletin dengan tema yang unik bertajuk “Recharge your Body during Fasting Month” yang tersebar di beberapa supermarket/ mall, masjid, kampus, dan kantor memperkenalkan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) pada masyarakat luas. Memasuki tahun 2008, strategi pemasaran Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) diarahkan untuk mengomunikasikan benefit produk. Dari sisi kreatif, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) berusaha keluar dengan kampanye berupa testimonial yang disebut “Tantangan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) Jadi 100% Kamu”. Konsumen dipiih secara acak untuk minum Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) selama 8 hari. Kemudian, merekam aktivitas minimal 5 menit setiap hari setelah minum Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345). Dari event itu, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) berhasil membuat 12 versi iklan dengan 3 konsumen berbeda. Langkah ini mampu meningkatkan interaktivitas dan customer engangement antara konsumen dengan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345). Memasuki Juni 2008, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) tetap fokus untuk mengomunikasikan benefit-nya. Kali ini, dengan menggunakan karakter animasi untuk memvisualisasikan tiga aspek benefit produknya: mibody (stamina), mimind (konsentrasi), dan mimood (semangat) (Hidayat, 2008). D. Analisis SWOT Pemasaran Produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) Berikut ini adalah analisis SWOT produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) D.1 Strenght (kekuatan) • Produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) mengandung 5 Vitamin (E, B1, B3, B6, B12), Mengandung 4 elektrolit (NA+, Mg2+, Ca2+, Cl-) • Memiliki banyak varian rasa contohnya Lychee Lemon, Apple Guava, Mangga Kweni • Positioning produk terhadap pasar menduduki 3 besar minuman isotonic di Indonesia Bahkan saat ini mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) berupaya memposisikan produknya sebagai “everyday restoration drink”, artinya minuman yang baik dikonsumsi setiap hari untuk kesehatan. • Mampu bersaing dengan kompetitor produk minuman lain dan mempunyai karakter animasi mibody (stamina), mimind (konsentrasi), dan mimood (semangat) yang mencerminkan sisi manfaat mengkonsumsi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345). • Harga relatif murah jika dibanding dengan minuman isotonic lainnya. D.2 Weakness (kelemahan) • Tahun 2006 Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) pernah ditarik dari peredaran karena tidak mencantumkan bahan pengawet Natrium Benzoat pada kemasannya. • faktor human error dalam pembuatan label pada kemasan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345). Dia kadar aman menurut Permenkes No. 722/Menkes/IX/88 adalah natrium benzoat 600 mg/liter, dan kalium sorbat 1.000 mg/liter. Sementara kandungan kedua jenis bahan pengawet tersebut pada produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) jauh di bawahnya, yaitu masing-masing 100 mg/liter. • Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) harus berhubungan dengan isu bahwa produk ini dapat menimbulkan penyakit lupus • Isu terhadap produk mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) dari danone yang merupakan propaganda Negara Israel. D.3 Opportunities (peluang) Sejak hadir di pasaran, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menawarkan sesuatu yang baru. Produk ini merupakan minuman isotonik pertama yang memosisikan diri sebagai “everyday restoration drink”. “Produk ini memang bukan untuk pengobatan, tapi sangat baik untuk kesehatan, karena mengandung banyak vitamin,” ujarnya. Sehingga, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) tidak memosisikan dirinya sebagai produk farmasi. Ia pun sengaja menggunakan flavor buah sebagai varian rasa. D.4 Threat (ancaman) Keberadaan produk yang masih baru membuka peluang bagi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) untuk melebarkan pangsa pasarnya, begitu juga dengan pesaing lain yang mungkin akan muncul dengan pengiklanan yang gencar dan strategi pemasaran yang tepat. Dengan berbagai isu yang tidak baik terhadap produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) membuat Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) harus lebih meyakinkan kepada konsumen tentang manfaat dan kebaikan untuk mengkonsumsi mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) setiap hari Tabel 1.5 Analisis SWOT Produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) Strength Weakness Distribution channel yang telah mapan,karena mengikuti jalur distribusi aqua Transfer Knowledge,edukasi konsumen yang terbangun melalui program aktivasi konsumen dan iklan testimonial Keikutsertaan perusahaan dalam aktivitas sosial yang secara tidak langsung memperkuat citra mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di masyarakat Indonesia Memiliki 4 varian rasa yang menarik : Passion fruit, Orange Lime,Lychee Lemon dan apel Guava,serta memiliki harga yang kompetitif Dengan rasa yang unik dan aroma yang segar dan 5 vitamin [ E,B1,B3,B6,B12] plus elektrolit [Na+,Mg2+,Ca2+,Cl- ] Ukuran yang pas dengan kemasan yang distinktif, bentuk serta warna botol yang trendy Kurangnya pemahaman produk dari distribution channel, khususnya traditional channel yang umumnya menempatkan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sejajar dengan minuman energi bahkan minuman ringan. Pangsa pasar yang lebih rendah dibandingkan dengan Pocari Sweat Opportunities Thteats Pasar masih dalam tahap growth,sehingga potensinya masih terbuka lebar Sejauh ini,inovasi produk dari minuman isotonik hanya bersifat incremental sehingga masih terbuka kesempatan untuk pengembangan produk. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) akrab dengan lingkungan pebisnis yang aktif,mahasiswa yang kreatif,olahragawan yang sportif dapat menjadi modal utama untuk menguasai pasar Peluang untuk memenangkan market share masih potensial,dalam waktu singkat saja,Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) bisa menyaingi keunggulan Pocari Sweat (yang telah terlebih dahulu beroperasi di pasar –tahun 1990an ) Barriers to entry rendah,dimana akses bahan baku mudah dan relatif murah. Kompetitor baru dari perusahaan yang telah bergerak di bidang makanan & minuman sebelumnya,sehingga dapat memanfaatkan jalur distribusi yang telah ada. Konsumen semakin selektif,mudah untuk melakukan switching bahkan ke minuman kesehatan lainnya. Isu Kesehatan: Keamanan jangka panjang bila mengkonsumsi minuman isotonik,terkait isu bahan alami dan bahan pengawet Pesaing terberat/rival yang melakukan black advertising –menjatuhkan produk,merek dan citra mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) Tabel 1.6 Matrik SWOT MATRIK SWOT Peluang (Opportunities) Sejak hadir di pasaran, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menawarkan sesuatu yang baru. Produk ini merupakan minuman isotonik pertama yang memosisikan diri sebagai “everyday restoration drink”. “Produk ini memang bukan untuk pengobatan, tapi sangat baik untuk kesehatan, karena mengandung banyak vitamin,” ujarnya. Sehingga, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) tidak memosisikan dirinya sebagai produk farmasi. Ia pun sengaja menggunakan flavor buah sebagai varian rasa. Ancaman (Threats) Adanya perusahaan minuman isotonik dari luar negeri dan harga yang ditawarkan beragam. Contohnya Pocari sweat Kekuatan (Strenghts) Produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) mengandung 5 Vitamin (E, B1, B3, B6, B12), Mengandung 4 elektrolit (NA+, Mg2+, Ca2+, Cl-) Memiliki banyak varian rasa contohnya Lychee Lemon, Apple Guava, Mangga Kweni Harga relatif murah jika dibanding dengan minuman isotonic lainnya. S-O Strategy Promosi dalam beberapa waktu tertentu Mengutamakan strategi face to face kepada pelanggan untuk beberapa waktu. Memberikan layanan di Internet untuk pelanggan yang lokasinya jauh. S-T Strategy Mengadakan beberapa promosi disegala media seperti internet, televisi dan poster Memberi pengertian kepada pelanggan bahwa pentingnya minuman isotonic untuk kesehatan mereka. Memberikan harga promo untuk beberapa waktu dan untuk pemesanan produk yang banyak Kelemahan (Weaknes) Tahun 2006 Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) pernah ditarik dari peredaran karena tidak mencantumkan bahan pengawet Natrium Benzoat pada kemasannya. faktor human error dalam pembuatan label pada kemasan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345). Dikadar aman menurut Permenkes No. 722/Menkes/IX/88 adalah natrium benzoat 600 mg/liter, dan kalium sorbat 1.000 mg/liter. Sementara kandungan kedua jenis bahan pengawet tersebut pada produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) jauh di bawahnya, yaitu masing-masing 100 mg/liter. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) harus berhubungan dengan isu bahwa produk ini dapat menimbulkan penyakit lupus W-O Strategy Mempunyai nomor telepon layanan pelanggan secara gratis. Membuat web site untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan yang berada dilokasi yang jauh dari kantor. W-T Strategy Mengadakan rapat intern perusahaan setiap akhir jam kerja untuk mengetahui kepuasan dan keluhan pelanggan. Selalu menjaga kreativitas dan originalitas produk. Selalu meminta kritik dan saran kepada pelanggan. E. USP / Unique Selling Preposition Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) yang diproduksi oleh Danone Aqua merupakan kategori minuman isotonik bernutrisi. Mempunyai varian rasa orange lime yang menyegarkan, rasa passion fruit yang memanjakan selera, dan rasa lychee lemon yang sensasional. Mengandung Hydromaxx yaitu : Vitamin B1, B3, B6, dan B12 untuk membantu metabolisme karbohidrat menjadi energi, Vitamin C, sebagai antioksidan untuk menjaga kahidupan sel dalam tubuh, dan elektrolit untuk menggantikan mineral yang hilang akibat pengeluaran keringat. Bahan dasar Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menggunakan air mineral Aqua dan sari buah alami melalui proses kristalisasi. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sendiri merupakan produk yang sudah terkenal di Australia, New Zealand, dan Cina. Produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) dilihat dari segi harga, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sangat kompetitif sekitar Rp 2.500 untuk isi 500 mL, jika dibandingkan dengan isotonik dalam kemasan kaleng yang yang harganya sekitar Rp 3.300 untuk isi 330 ml Bab II Produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) a. Analisisi target audiens ( secara geografi, demografi, psikografi, gaya hidup) a.1 Aspek Geografis Bisa dikonsumsi oleh seluruh masyarakat dengan berbagai macam geografis tempat tinggal di seluruh Indonesia. a.2 Aspek Demografis Semua masyarakat Indonesia target audiens dari kalangan anak – anak, remaja, dan dewasa namun dalam kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivitas yang dinamis. a.3 Aspek Psikografis Produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) mempunyai target audiens dari kalangan anak – anak, remaja, dan dewasa namun dalam kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivitas yang dinamis. a.4 Aspek Gaya Hidup Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) saat cocok untuk para remaja yang aktif beraktivitas dan menjadi gaya hidup tersendiri untuk para konsumen yang suka dengan aktivitas dinamis. b. Analisis target market Target pasar Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) adalah semua kalangan umur, namun dalam kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivitas yang dinamis. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) melakukan kampanye besar-besaran lewat placement iklan di televisi (TV), radio, media cetak, dan media luar ruang. Belanja iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sepanjang 2006 paling besar dibandingkan kompetitornya, yaitu sebesar 46,1 milyar. Pada Agustus 2006, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) mengadakan sampling road show di beberapa kota besar pada pusat keramaian. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) memasuki sekolah dengan membuat iklan dan pembuatan logo Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) pada lapangan olahraga (lapangan basket) serta di white board SMA ternama di beberapa kota besar di Indonesia. c. Tujuan target periklanan (konsumen produk dari periklanan) Tujuan target periklanan produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) adalah semua kalangan masyarakat. Khususnya masyarakat di Jawa kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivitas yang dinamis. Bab III Perancangan A. Pesan iklan Keunggulan yang akan diekspose sebagai pesan iklan yaitu Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) mempunyai banyak varian rasa contohnya Lychee Lemon, Mangga Kweni, Apple Guava, Orange Lime, dan lain-lain. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) merupakan minuman isotonic membuat badan fit tiap hari. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) cocok konsumsi saat berolahraga, berlibur, belajar dan para konsumen yang mempunyai aktivitas dinamis yang kebanyakan kalangan remaja. B. Justifikasi target iklan Pesan iklan yang telah dipilih dihubungkan kaitannya dengan penggunaan dengan tagline Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) “Bantu Badan Pikiran Semangat 100% 0K!!” visualisasi dengan daya tarik Rasional. C. Konsep iklan Televisi a. Daya Tarik Pesan : Daya Tarik Rasional b. Cast : Miko, Zonia, Nene c. Jenis Iklan : Jingle, Slice Of Life d. Teknik : Live Action, Animasi e. Naskah Iklan : Naskah Iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) Jingle lagu : Cleopatra Stratan Zuzu-Zuzu Scene 01 : Fade In Medium Shot Cut To Cast : Miko bertanding Tenis Miko dengan mengenakan seragam merah putih bertanding tenis dengan semangat. Scene 02 : Miko beristirahat ditemani minuman kesukaannya yaitu “Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)” rasa Passionate Passion Fruit Sound Voice (Miko) : Pengen Beraktivitas cuma dengan kamu ( memandang kearah Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) ). Sound Voice (dubbing) : MInuman Isotonic bikin badan fit tiap hari. Sound Voice (Miko) : Minuman sang Juara. Scene 03 : Medium Close Up Cut To Zonia memakai pakaian batik sedang berlibur ke Borobudur membawa bekal “Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)” rasa Ur Flava Mangga Kweni. Sound Voice (Zonia) : Holiday Scene 04 : Medium Close Up Cut Away Zonia begitu menikmati liburannya, badannya terasa segar setelah minum minuman isotonic Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345). Sound Voice (dubbing): ZOegerrr.. sensasi rasanya ur flava uniquely yours. Sound Voice (Zonia) : Sueger Rek.. Rasa Buah`e… Scene 05 : Medium Close Up Cut To Nene sedang mengerjakan tugas kuliah di taman perpustakaan ditemani minuman kesukaannya “Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)” rasa Dazzling Apple Guava. Sound Voice (Nene) : Bikin tambah semangat belajar. Scene 06 : Medium Close Up Cut To Setelah tugas kuliahnya selesai Nene beristirahat dan minum minuman Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345). Voice (Dubbing) : Nutrisi Elektrolit bikin mata melek segarkan pikiran. Nene kembali bersemangat setelah minum Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) dan dia berbagi minuman tersebut kepada temannya. Sound Voice (Nene) : Kalau Kamu??? Scene 07 : Medium Shot Fade Out Muncul 4 botol minuman Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) dengan berbagai rasa Lychee Lemon, Mangga Kweni, Apple Guava, Orange Lime. Sound Effect : cipratan air pada botol Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) tersebut. Sound Voice (Dubbing) : MIZONE (LAPORAN DKV WAHYUDREAM.C0M 085725562345).

maos saklengkapipun......

STORY BOARD IKLAN MIZONE 2012


maos saklengkapipun......

Rabu, 04 Juli 2012

Take Home Exam M.K : Kritik Seni Rupa 2

Take Home Exam M.K : Kritik Seni Rupa 2 Sem: Genap/ 2012 Pengampu M.K : Prof. Dr. Tjetjep Rohendi Rohidi, MA Petunjuk: 1. Tugas ujian ini hendaknya dikerjakan di rumah, dan harus dikumpulkan dalam tempo tiga hari setelah hari terjadwal ujian. 2. Tugas dikumpulkan dalam bentuk hardcopy (cetak), sekurang-kurangnya dalam 4 halaman kertas tik kwarto. Diketik dalam huruf standard Times New Roman 1 ½ spasi. 3. Sertakan juga gambar/foto dari karya seni rupa yang Anda bahas dalam tugas kritik ini. 4. Anda juga dapat mengutip pendapat/teori/konsep dari pakar yang berkenaan dengan yang ditulis dalam tugas Anda. 5. Kemukakan semua itu dalam bahasa Anda sendiri. Soal: 1. Berikan satu uraian ringkas dan padat tentang apa yang dimaksud dengan kritik holistik?, bidang-bidang apa saja yang terkait dalam melakukan suatu kritik yang holistik?, Uraikan kaitan bidang-bidang itu secara keseluruhan dalam mebahas karya seni rupa? 2. Pilihlah salah satu karya seni rupa yang digolongkan sebagai karya seni rupa modern atau juga kontemporer, yang Anda anggap mewakili citra estetik kelompok tertentu (sosial atau budaya) dari salah seorang perupa Semarang (yang karyanya belum pernah dikritik orang), baik hasil perupa priofesional maupun mahasiswa atau lulusan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Semarang. Sertakan gambar atau foto dari karya yang Anda kritik, uraikan struktur, bentuk, unsur-unsur visual, dan prinsip-prinsip estetiknya, kemudian bahas kaitannya dengan faktor ekstraestetiknya (mis. kepribadian, masyarakat, dan budayanya). Selamat bekerja. Semarang 2 Juli 2012 TRR

maos saklengkapipun......

tutorial MOHO menggerakkan gambar JPEG jadi animasi

tutorial MOHO menggerakkan gambar JPEG jadi animasi

maos saklengkapipun......

Selasa, 03 Juli 2012

tugas komputer grafis komplit

Tugas 1 Ulead Morph Studio 1.0 Tugas 2 Ulead COOL 360* Tugas 3 1.mggnkn 3 software google earth campasia flash Tampilan 1 : mulai google earth dibuka( tersambung internet)hingga mnuju kota anda, masing” (drekam dengn campasia) bntuk .avi Tampilan 2 : muncul peta kota anda, detailkan dgn mencari peta (download, scan) sesuaikan kota anda (flash) avi/swf Tampilan 3 : tampilkan secara animatif rute menuju rumah anda dgn flash( swf/avi) Tugas ke 4 Adobe after effect Plug in – shine - trapcode 7 keying / key colour Effect keying blue screen Tugas a. action : melempar api yang ada di tangan b. iklan dari sebuah gbr (image/foto) dibuku berubah menjadi video penyimpanan AEP SWF AVITugas computer grafis 5 Tugas ke 5 Effect BULGE LENS FLARE Buatlah sebuah rancangan animatif untuk BRANDNAME dgn ketentuan 1.brandname diambil dari nama anda minimal menggunakan 5 huruf 2. tampilan animatifnya menggunakan animasi garis (outline)  dikerjakan di adobe flash/in flash jadikn .Avi  bawa/masukkan ke after Effect 3. di after effect  beri effect LENS FLARE Pada ujung pergerakan garis yg membentuk Brandname nama anda tersebut. 4. save dalam bentuk .fla , . SWF, .EXE , AVI FLSH AEP + AVI  (AFTEREFFECT) Apel muncul dari dasar danau TUGAS 6 Effect render lighting Download effect tambahan Plugh in  Trap Code Shine  sinar 3D. Effect 3D Buatlah sebuah tampilan clip video Action atau klip video “kondisi Layar” dgn ketentuan : 1. ambil gambar dgn shooting  adegan action atau mengambil klip video yang sudah jadi tetapi belum diberi effect apapun.. 2. berikan effect lighting (sbg effect utama) untuk menunjukkan adegan laga (action) tsb. Semakin “sedap” / eye catching tampilannya. 3. gunakan affect lain sebagai effect pembantu/tambahan 4. penyimpanan & pengumpulan karya : 1) format AEP & avi 2) file asli video disertakan  dikumpulkan dalam CD 5. jika clip video anda berupa video yg menggambarkan hujan maka bisa menambahkan effect petir. Tugas 7 File  project setting  Pal frame : 25 and and frame 75 Tool  Layer  Layer 2 Style – tekan space rendering dngn CTRL+R Layer 1 Edit – select un Induk  anak Tunjuk tulang  edit select all titik Tekan space Manipulasi  digerakkan Shift klik titik Timeline Klik 2x layer Syarat bitmap  PNG Save for web transparan dicentang Moho  layer image Letakkan diatasnya skala Moho 1. vector Drawing 2. vector animation  Bone  Bind  Pointer 3. bitmap animation  PNG (transparansi)  Warp Tugas Buatlah animasi Iklan Komersial dgn ketentuan : 1. menggunakan software MOHO dan Photoshop 2. tema iklan komersial minuman obat batuk merk X catatan : merk obat batuk plesetkan dari obat batuk yg sudah (edit di photoshop) shingga merk belum ada di pasaran. Tokoh yg menawarkan obat batuk adalah “patung tertentu” (jgn menggunakan patung pahlawan, supaya tidak unsur SARA) 3. simpan file dgn format MOHO & Export ke AVI Tugas 8 Tugas komgraf ILUSTRASI MUSIC Cool Edit Suara/Audio Voice Sound effect Music Digital wav, cda, aud, mid, mp3, mp4, Tugas buatlah sebuah ILUSTRASI MUSIC untuk sebuah pertunjukkan (panggung) seperti pantoret Dgn ketentuan : 1. Anda merancang cerita terlebih dahulu dgn durasi minimal 5 menit (diketik dgn Word ) 2. Merancang storyline (dgn visual audionya) sesuai cerita 3. Mengambil file – file suara yg sesuai dgn cerita, kemudian mengeditnya. 4. Save format mp3 Audio Editing 2 Recording Windows show level on/ Properties mixer devices New waveform sample rate 4 Rekamlah suara radio, ketika penyiarnya sedang On Air. Minimal 1 menit. Pilih Suara penyiar ketika menyebutkan nama Radio tersebut. Misalnya RCT Fm, Gajah Mada FM. Simpan dgn Format MP3. Tugas Minggu Depan Menjahit video dari tugas” sebelumnya kecuali Ulead 360*  menjadi VCD PAL (dlm Keping VCD) dengan opening Screen nama & NIM anda masing” gunakan TmpGenc utk mengconvertnya sebelum dibakar. Pengganti minggu yang lalu Editlah Audio Voice atau dialog minimal 30 detik dari suara laki – laki menjadi 1. Perempuan 2. Karakter kartun 3. Karakter anak” 4. File yang ditampilkan 1. Asli laki 2.Perempuan 3. karakter kartun 4. Karakter anak

maos saklengkapipun......