Copywrite
Pengen Beraktivitas Cuma dengan kamu.
Minuman Isotonic bikin badan fit tiap hari.
Minuman sang Juara.
Holiday.
ZOegerrr.. sensasi rasanya ur flava uniquely yours.
Sueger Rek.. Rasa Buah`e…
Bikin tambah semangat belajar.
Nutrisi Elektrolit bikin mata melek segarkan pikiran.
Kalau Kamu???
Bantu Badan Pikiran Semangat 100% 0K!!
MIZONE (LAPORAN DKV WAHYUDREAM.C0M 085725562345).
Bab I
Pendahuluan
A. Analisis Situasi
A.1 Analisis Terhadap Pasar
Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) salah satu minuman isotonic dan dunia persaingan minuman isotonic sangat ketat. Pocari Sweat sebagai pelopor minuman isotonik masih merajai pasar. Kemudian muncul Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) yang mulai mengancam dan dalam waktu satu tahun mampu merebut pangsa pasar konsumen minuman isotonik sebesar 30%. Persaingan pun makin ketat dengan munculnya berbagai merek minuman isotonik yang menawarkan keunggulannya masing-masing. Produsen harus pandai menyusun strategi untuk menciptakan awareness produk dan menciptakan mindset positif bagi konsumen. Sampai saat ini, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) masih bertahan di peringkat kedua dan terus mengoptimalkan strategi marketing mix-nya (Product, Price, Place, Promotion ) dalam merebut pangsa pasar lebih besar di bidang minuman isotonik.
Tabel 1.1 Harga Produk Minuman Isotonik di Indonesia
Merek Produsen Harga Ukuran Kemasan Saluran Distribusi
Pocari Sweat PT.Amerta Indah Otsuka Rp.3.350 (kaleng),
Rp.1500 (Sachet)
330 ml
(kaleng)
Kaleng& Sachet
Modern& Tradisional
Pro Sweat PT. Heinz
ABC
Indonesia
RP.3.025
330 ml
Kaleng
Modern
Optima Sweat
PT. Nara
Viki Eka
Beverages
Rp.3.375
330 ml
Kaleng
Modern
X- Ion Dankos
Labotaries Rp. 1.000 - Sachet Modern& Tradisional
Powerade Coca Cola
Indonesia Rp.3.200 330 ml Kaleng Modern
Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) Aqua
Danone Rp. 2.275 500 ml Botol Modern& Tradisional
Vitazone Mayora
Indah Rp. 2.875 500 ml Botol Modern & Tradisional
Isotonik
Drink Modernfood Rp. 5.850 500 ml Botol Modern
Sumber : http:// www.scribd.com/doc/8966339/A-Quasi-At (2010)
Tabel 1.2 Top Brand Index 2008
( Kategori Minuman Isotonik )
Merek TBI
Pocari Sweat 53,4 %
Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 38,7 %
Vita Zone 4,8 %
Powerade 0,6 %
Optima Sweat 0,5 %
Sumber : Produk komplemen BPOM, http:// www.pom.qo.id
A.2 Distribusi
Distribusi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) berorientasi nasional menggunakan jalur distribusi Aqua yang sangat luas, kuat di pasar tradisional (mudah dijumpai di warung dan toko-toko yang menjual produk Aqua. Sampai ada suatu istilah di kalangan distributor “di mana ada Aqua, disitu ada Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)”. Dalam hal distribusi, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menggunakan jalur distribusi Aqua yang tersebar merata di seluruh pelosok tanah air serta menjangkau berbagai kalangan. Survei yang dilakukan lembaga riset Qasa Consulting menunjukkan bahwa availibility Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di pasar tradisional sangat tinggi, jauh meninggalkan kompetitorny sehingga Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) dapat dengan mudah ditemukan di warung-warung, toko, supermarket, dan pasar tradisional.
A.3 Kompetitor
Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menawarkan produk minuman isotonik dengan 2 variasi rasa, orange lime dan passion fruit. Inovasi ini ternyata mendapat respon yang positif dari pasar. Tidak seperti kebanyakan pendatang baru di pasar isotonik yang bermain di kemasan kaleng, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menjadi penantang pertama Pocari Sweat yang masuk dalam kemasan botol plastik PET berwarna biru, mudah dibawa kemana-mana, dan dengan volume yang lebih banyak, membuat konsumen menyukai produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345). Keputusan yang cerdik karena dengan kemasan botol PET, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) bisa membidik segmen konsumen yang lebih luas, yaitu konsumen air mineral dalam kemasan botol yang jumlahnya sangat besar. Produk Pocari Sweat pun mulai meniru Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) dengan mengemas produk mereka yang semula kaleng menjadi botol plastik. Citra Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) juga meningkat di mata konsumen dengan menonjolkan logo perusahaan Aqua (Danone Aqua) yang sudah terkenal kualitasnya.
B. Persepsi Konsumen Terhadap Produk dan Merek Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
Daftar Responden
No. Nama Umur Pekerjaan Lokasi Survey Surveyor
1. Rita setyowati 20 th Penjahit Batu jamus Wahyu tri warno
(2411409024)
2. Warjinah 40 th Pedagang Batu jamus
3. Safari 27 th Pedagang Batu jamus
4. Yani 28 th wiraswasta Batu jamus
5. kentik
30 th wiraswasta Batu jamus
6. Sulastri 27 th Pegawai PT Batu jamus
7. Riani suci 15 th Pelajar Batu jamus
8. Esti 19 th Pelajar Kuto
9. Sumiyati
19 th Pegawai toko Kuto
10. Putridamayanti 23 th Pedagang Jamus
11. Opik oktaviarini 20 th Mahasiswa Jatimalang
12. Irmawan 20 th Mahasiswa Banaran
13. muhlisin 21 th Mahasiswa Banaran
14. Dwi prasetyo 25 th Mahasiswa Banaran
15. Tata 17 th Pelajar Plosorejo
16. Joko 35 th Wiraswasta Banaran
17. kholifah 28 th PRT Banaran
18. Ria aprianti 21 th Guru PAUD Kerjo
19. rackhel 21 th Penjaga warnet Warnet kerjo
20. nurkhasanah 19 th Pelajar Kauman
Berikut ini adalah daftar responden hasil penyebaran angket ikaln televisi Produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
Tabel 1.3 Tabel Daftar Responden
Analisis Hasil Angket
No Variabel Jawaban Angket Simpulan (terbanyak) Prosentase terbanyak
a b c d
1. Responden pernah mengkonsumsi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 0 11 9 0 B=11 55%
2. Seberapa sering mengkonsumsi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 0 2 8 10 D=10 50%
3. Kampanye “ Tantangan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 100% kamu” 6 4 7 3 C=7 35%
4. Responden mengetahui kandungan dan manfaat Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 9 4 6 1 A=9 45%
5. Responden tertarik melihat iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 13 7 0 0 A=13 65%
6. Responden dalam sehari melihat iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di televisi 17 2 1 0 A=17 85%
7. Informasi yang paling di ingat dari iklan produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di televisi 2 14 0 4 B=14 70%
8. Varians rasa favorit responden 8 4 4 4 A=8 40%
9. Harga produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 0 17 3 0 B=17 85%
10. Slogan yang cocok untuk produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 2 0 18 0 C=18 90%
Tabel 1.4 Tabel Rekapitulasi
Responden pernah mengkonsumsi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
1. Apakah anda pernah mengkonsumsi minuman Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)?
a. Sering c. Pernah
b. Kadang – kadang d. Tidak pernah
mayoritas B. Kadang - kadang
Seberapa sering mengkonsumsi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
2. Seberapa sering anda mengkonsumsi minuman Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)?
a. Setiap hari c. Saat beraktivitas berat saja
b. Sebulan sekali d. Tidak pasti
mayoritas D. Tidak pasti
Kampanye “ Tantangan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 100% kamu”
3. Apakah anda mengetahui kampanye “Tantangan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 100% kamu”, yang diselenggarakan oleh Perusahaan pengelola Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)?
a. Tahu c. kurang tahu
b. Sedikit tahu d. Tidak tahu
mayoritas C. Kurang Tahu
Responden mengetahui kandungan dan manfaat Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
4. Apakah anda mengetahui kandungan dan manfaat produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)?
a. Tahu c. kurang tahu
b. Sedikit tahu d. Tidak tahu
mayoritas A. Tahu
Responden tertarik melihat iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
5. Apakah anda tertarik untuk melihat iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)?
a. Tertarik c. Tidak tertarik
b. Cukup tertarik d. kurang tertarik
mayoritas A. Tertarik
Responden dalam sehari melihat iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di televisi
6. Berapa kali dalam sehari anda melihat iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di televisi?
a. 1- 2 kali c. lebih dari 3 kali
b. 3 kali d. tidak pernah melihat
mayoritas A. 1-2 kali
Informasi yang paling di ingat dari iklan produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di televisi
7. Informasi apa yang paling anda ingat dari iklan produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di televisi?
a. Varians rasa Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) c. Harga yang murah
b. Slogan menjadi 100% kamu d. Mengandung 5 Vitamin 4 elektrolit
mayoritas B. Slogan menjadi 100% kamu
Varians rasa favorit responden
8. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) mempunyai banyak varians rasa, manakah yang menjadi favorit anda?
a. Lychee Lemon c. Mangga Kweni
b. Apple Guava d. Orange Lime
mayoritas A. Lychee Lemon
Harga produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
9. Bagaimanakah menurut anda untuk harga produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) saat ini?
a. Sangat murah c. Kurang terjangkau
b. Relatif terjangkau d. Sangat Mahal
mayoritas B. Relatif terjangkau
Slogan yang cocok untuk produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
10. Menurut anda Slogan manakah yang cocok untuk tema produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)?
a. Everyday Restoration drink c. Be 100% 0k!!
b. Recharge your Fasting Month d. It`s Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) Time
mayoritas C. Be 100% You
Kesimpulan :
1. Responden kadang – kadang mengkonsumsi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345).
2. Responden tidak pasti mengkonsumsi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
3. Responden mayoritas kurang tahu Kampanye “ Tantangan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) 100% kamu”
4. Responden mengetahui kandungan dan manfaat Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
5. Responden tertarik melihat iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
6. Responden dalam sehari melihat iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di televisi 1 – 2 kali.
7. Informasi yang paling di ingat rsponden dari iklan produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di televisi adalah Slogan menjadi 100% kamu.
8. Varians rasa favorit responden Lychee Lemon.
9. Harga produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menurut responden relatif terjangkau.
10. Slogan yang cocok untuk produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menurut responden Be 100% 0K!!.
C. Strategi Pemasaran Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) Dengan Marketing Mix
Marketing mix merupakan suatu alat marketing yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan marketing dalam pasar target. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sebagai pendatang baru minuman isotonik menunjukkan eksistensinya dengan mengoptimalkan unsur 4 P marketing mix (Produk, Harga, Distribusi, Promosi) yang kompetitif . Launching produk pada saat yang tepat, variasi rasa yang disukai konsumen, harga yang terjangkau semua kalangan, ketersediaannya yang merata hampir di seluruh pelosok, serta strategi promosi yang edukatif dan kreatif mampu mereduksi pangsa pasar market leader minuman isotonik (Pocari Sweat) sebesar 30% dan menempati urutan kedua market share kategori minuman isotonik.
C.1. Produk (product)
Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) yang diproduksi oleh Danone Aqua merupakan kategori minuman isotonik bernutrisi. Diluncurkan pertama kali pada 27 September 2005 di Surabaya dengan rasa orange lime yang menyegarkan, rasa passion fruit yang memanjakan selera, dan pada Juni 2008 meluncurkan varian baru dengan rasa lychee lemon yang sensasional. Mengandung Hydromaxx yaitu : Vitamin B1, B3, B6, dan B12 untuk membantu metabolisme karbohidrat menjadi energi, Vitamin C, sebagai antioksidan untuk menjaga kahidupan sel dalam tubuh, dan elektrolit untuk menggantikan mineral yang hilang akibat pengeluaran keringat. Bahan dasar Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menggunakan air mineral Aqua dan sari buah alami melalui proses kristalisasi. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sendiri merupakan produk yang sudah terkenal di Australia, New Zealand, dan Cina.
Pada November 2006 Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) dilanda krisis karena tidak mencantumkan salah satu bahan pengawet (natrium benzoat) dalam kemasannya. BPOM memberikan tenggat waktu hingga Desember 2006 agar Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menarik produknya dari pasaran dan memperbaiki label pada kemasan. Pada saat itu, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sudah beredar di 30 depo, 50 distributor dan 1 juta outlet di seluruh Indonesia. Penjualan turun drastis sedikitnya Rp 35 miliar perhari. Untuk mengembalikan kepercayaan konsumen, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) melakukan edukasi kepada konsumen melalui promosi baik below the line maupun above the line.
C.2. Harga (Price)
Dari segi harga, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sangat kompetitif sekitar Rp 2.500 untuk isi 500 mL, jika dibandingkan dengan isotonik dalam kemasan kaleng yang yang harganya sekitar Rp 3.300 untuk isi 330 ml .
C.3. Distribusi (Place)
Distribusi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) berorientasi nasional menggunakan jalur distribusi Aqua yang sangat luas, kuat di pasar tradisional (mudah dijumpai di warung dan toko-toko yang menjual produk Aqua). Sampai ada suatu istilah di kalangan distributor “di mana ada Aqua, disitu ada Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)”.
C.4. Promosi (Promotion)
Target pasar Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) adalah semua kalangan umur, namun dalam kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivtas yang dinamis. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) melakukan kampanye besar-besaran lewat placement iklan di televisi (TV), radio, media cetak, dan media luar ruang. Belanja iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sepanjang 2006 paling besar dibandingkan kompetitornya, yaitu sebesar 46,1 milyar. Pada Agustus 2006, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) mengadakan sampling road show di beberapa kota besar pada pusat keramaian. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) memasuki sekolah dengan membuat iklan dan pembuatan logo Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) pada lapangan olahraga (lapangan basket) serta di white board SMA ternama di beberapa kota besar.
Momen puasa (November 2006) menjadi peluang Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) dalam mempromosikan produknya. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) melakukan berbagai variasi program baik di radio, games pada pusat keramaian, dan 2 iklan komersial di TV. Program “It’s Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) Time” pada beberapa stasiun radio di Jakarta, Surabaya dan Bandung yang menawarkan kuis yang menarik serta penerbitan buletin dengan tema yang unik bertajuk “Recharge your Body during Fasting Month” yang tersebar di beberapa supermarket/ mall, masjid, kampus, dan kantor memperkenalkan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) pada masyarakat luas.
Memasuki tahun 2008, strategi pemasaran Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) diarahkan untuk mengomunikasikan benefit produk. Dari sisi kreatif, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) berusaha keluar dengan kampanye berupa testimonial yang disebut “Tantangan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) Jadi 100% Kamu”. Konsumen dipiih secara acak untuk minum Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) selama 8 hari. Kemudian, merekam aktivitas minimal 5 menit setiap hari setelah minum Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345). Dari event itu, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) berhasil membuat 12 versi iklan dengan 3 konsumen berbeda. Langkah ini mampu meningkatkan interaktivitas dan customer engangement antara konsumen dengan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345). Memasuki Juni 2008, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) tetap fokus untuk mengomunikasikan benefit-nya. Kali ini, dengan menggunakan karakter animasi untuk memvisualisasikan tiga aspek benefit produknya: mibody (stamina), mimind (konsentrasi), dan mimood (semangat) (Hidayat, 2008).
D. Analisis SWOT Pemasaran Produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
Berikut ini adalah analisis SWOT produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
D.1 Strenght (kekuatan)
• Produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) mengandung 5 Vitamin (E, B1, B3, B6, B12), Mengandung 4 elektrolit (NA+, Mg2+, Ca2+, Cl-)
• Memiliki banyak varian rasa contohnya Lychee Lemon, Apple Guava, Mangga Kweni
• Positioning produk terhadap pasar menduduki 3 besar minuman isotonic di Indonesia Bahkan saat ini mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) berupaya memposisikan produknya sebagai “everyday restoration drink”, artinya minuman yang baik dikonsumsi setiap hari untuk kesehatan.
• Mampu bersaing dengan kompetitor produk minuman lain dan mempunyai karakter animasi mibody (stamina), mimind (konsentrasi), dan mimood (semangat) yang mencerminkan sisi manfaat mengkonsumsi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345).
• Harga relatif murah jika dibanding dengan minuman isotonic lainnya.
D.2 Weakness (kelemahan)
• Tahun 2006 Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) pernah ditarik dari peredaran karena tidak mencantumkan bahan pengawet Natrium Benzoat pada kemasannya.
• faktor human error dalam pembuatan label pada kemasan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345). Dia kadar aman menurut Permenkes No. 722/Menkes/IX/88 adalah natrium benzoat 600 mg/liter, dan kalium sorbat 1.000 mg/liter. Sementara kandungan kedua jenis bahan pengawet tersebut pada produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) jauh di bawahnya, yaitu masing-masing 100 mg/liter.
• Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) harus berhubungan dengan isu bahwa produk ini dapat menimbulkan penyakit lupus
• Isu terhadap produk mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) dari danone yang merupakan propaganda Negara Israel.
D.3 Opportunities (peluang)
Sejak hadir di pasaran, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menawarkan sesuatu yang baru. Produk ini merupakan minuman isotonik pertama yang memosisikan diri sebagai “everyday restoration drink”. “Produk ini memang bukan untuk pengobatan, tapi sangat baik untuk kesehatan, karena mengandung banyak vitamin,” ujarnya. Sehingga, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) tidak memosisikan dirinya sebagai produk farmasi. Ia pun sengaja menggunakan flavor buah sebagai varian rasa.
D.4 Threat (ancaman)
Keberadaan produk yang masih baru membuka peluang bagi Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) untuk melebarkan pangsa pasarnya, begitu juga dengan pesaing lain yang mungkin akan muncul dengan pengiklanan yang gencar dan strategi pemasaran yang tepat.
Dengan berbagai isu yang tidak baik terhadap produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) membuat Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) harus lebih meyakinkan kepada konsumen tentang manfaat dan kebaikan untuk mengkonsumsi mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) setiap hari
Tabel 1.5 Analisis SWOT Produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
Strength Weakness
Distribution channel yang telah mapan,karena mengikuti jalur distribusi aqua
Transfer Knowledge,edukasi konsumen yang terbangun melalui program aktivasi konsumen dan iklan testimonial
Keikutsertaan perusahaan dalam aktivitas sosial yang secara tidak langsung memperkuat citra mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) di masyarakat Indonesia
Memiliki 4 varian rasa yang menarik : Passion fruit, Orange Lime,Lychee Lemon dan apel Guava,serta memiliki harga yang kompetitif
Dengan rasa yang unik dan aroma yang segar dan 5 vitamin [ E,B1,B3,B6,B12] plus elektrolit [Na+,Mg2+,Ca2+,Cl- ]
Ukuran yang pas dengan kemasan yang distinktif, bentuk serta warna botol yang trendy
Kurangnya pemahaman produk dari distribution channel, khususnya traditional channel yang umumnya menempatkan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sejajar dengan minuman energi bahkan minuman ringan.
Pangsa pasar yang lebih rendah dibandingkan dengan Pocari Sweat
Opportunities Thteats
Pasar masih dalam tahap growth,sehingga potensinya masih terbuka lebar
Sejauh ini,inovasi produk dari minuman isotonik hanya bersifat incremental sehingga masih terbuka kesempatan untuk pengembangan produk.
Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) akrab dengan lingkungan pebisnis yang aktif,mahasiswa yang kreatif,olahragawan yang sportif dapat menjadi modal utama untuk menguasai pasar
Peluang untuk memenangkan market share masih potensial,dalam waktu singkat saja,Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) bisa menyaingi keunggulan Pocari Sweat (yang telah terlebih dahulu beroperasi di pasar –tahun 1990an ) Barriers to entry rendah,dimana akses bahan baku mudah dan relatif murah.
Kompetitor baru dari perusahaan yang telah bergerak di bidang makanan & minuman sebelumnya,sehingga dapat memanfaatkan jalur distribusi yang telah ada.
Konsumen semakin selektif,mudah untuk melakukan switching bahkan ke minuman kesehatan lainnya.
Isu Kesehatan: Keamanan jangka panjang bila mengkonsumsi minuman isotonik,terkait isu bahan alami dan bahan pengawet
Pesaing terberat/rival yang melakukan black advertising –menjatuhkan produk,merek dan citra mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
Tabel 1.6 Matrik SWOT
MATRIK SWOT Peluang (Opportunities)
Sejak hadir di pasaran, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menawarkan sesuatu yang baru. Produk ini merupakan minuman isotonik pertama yang memosisikan diri sebagai “everyday restoration drink”. “Produk ini memang bukan untuk pengobatan, tapi sangat baik untuk kesehatan, karena mengandung banyak vitamin,” ujarnya. Sehingga, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) tidak memosisikan dirinya sebagai produk farmasi. Ia pun sengaja menggunakan flavor buah sebagai varian rasa.
Ancaman (Threats)
Adanya perusahaan minuman isotonik dari luar negeri dan harga yang ditawarkan beragam. Contohnya Pocari sweat
Kekuatan (Strenghts)
Produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) mengandung 5 Vitamin (E, B1, B3, B6, B12), Mengandung 4 elektrolit (NA+, Mg2+, Ca2+, Cl-)
Memiliki banyak varian rasa contohnya Lychee Lemon, Apple Guava, Mangga Kweni
Harga relatif murah jika dibanding dengan minuman isotonic lainnya. S-O Strategy
Promosi dalam beberapa waktu tertentu
Mengutamakan strategi face to face kepada pelanggan untuk beberapa waktu.
Memberikan layanan di Internet untuk pelanggan yang lokasinya jauh. S-T Strategy
Mengadakan beberapa promosi disegala media seperti internet, televisi dan poster
Memberi pengertian kepada pelanggan bahwa pentingnya minuman isotonic untuk kesehatan mereka.
Memberikan harga promo untuk beberapa waktu dan untuk pemesanan produk yang banyak
Kelemahan (Weaknes)
Tahun 2006 Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) pernah ditarik dari peredaran karena tidak mencantumkan bahan pengawet Natrium Benzoat pada kemasannya.
faktor human error dalam pembuatan label pada kemasan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345). Dikadar aman menurut Permenkes No. 722/Menkes/IX/88 adalah natrium benzoat 600 mg/liter, dan kalium sorbat 1.000 mg/liter. Sementara kandungan kedua jenis bahan pengawet tersebut pada produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) jauh di bawahnya, yaitu masing-masing 100 mg/liter.
Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) harus berhubungan dengan isu bahwa produk ini dapat menimbulkan penyakit lupus
W-O Strategy
Mempunyai nomor telepon layanan pelanggan secara gratis.
Membuat web site untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan yang berada dilokasi yang jauh dari kantor. W-T Strategy
Mengadakan rapat intern perusahaan setiap akhir jam kerja untuk mengetahui kepuasan
dan keluhan pelanggan.
Selalu menjaga kreativitas dan originalitas produk.
Selalu meminta kritik dan saran kepada pelanggan.
E. USP / Unique Selling Preposition
Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) yang diproduksi oleh Danone Aqua merupakan kategori minuman isotonik bernutrisi. Mempunyai varian rasa orange lime yang menyegarkan, rasa passion fruit yang memanjakan selera, dan rasa lychee lemon yang sensasional.
Mengandung Hydromaxx yaitu : Vitamin B1, B3, B6, dan B12 untuk membantu metabolisme karbohidrat menjadi energi, Vitamin C, sebagai antioksidan untuk menjaga kahidupan sel dalam tubuh, dan elektrolit untuk menggantikan mineral yang hilang akibat pengeluaran keringat.
Bahan dasar Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) menggunakan air mineral Aqua dan sari buah alami melalui proses kristalisasi. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sendiri merupakan produk yang sudah terkenal di Australia, New Zealand, dan Cina.
Produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) dilihat dari segi harga, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sangat kompetitif sekitar Rp 2.500 untuk isi 500 mL, jika dibandingkan dengan isotonik dalam kemasan kaleng yang yang harganya sekitar Rp 3.300 untuk isi 330 ml
Bab II
Produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
a. Analisisi target audiens ( secara geografi, demografi, psikografi, gaya hidup)
a.1 Aspek Geografis
Bisa dikonsumsi oleh seluruh masyarakat dengan berbagai macam geografis tempat tinggal di seluruh Indonesia.
a.2 Aspek Demografis
Semua masyarakat Indonesia target audiens dari kalangan anak – anak, remaja, dan dewasa namun dalam kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivitas yang dinamis.
a.3 Aspek Psikografis
Produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) mempunyai target audiens dari kalangan anak – anak, remaja, dan dewasa namun dalam kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivitas yang dinamis.
a.4 Aspek Gaya Hidup
Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) saat cocok untuk para remaja yang aktif beraktivitas dan menjadi gaya hidup tersendiri untuk para konsumen yang suka dengan aktivitas dinamis.
b. Analisis target market
Target pasar Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) adalah semua kalangan umur, namun dalam kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivitas yang dinamis. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) melakukan kampanye besar-besaran lewat placement iklan di televisi (TV), radio, media cetak, dan media luar ruang. Belanja iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) sepanjang 2006 paling besar dibandingkan kompetitornya, yaitu sebesar 46,1 milyar. Pada Agustus 2006, Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) mengadakan sampling road show di beberapa kota besar pada pusat keramaian. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) memasuki sekolah dengan membuat iklan dan pembuatan logo Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) pada lapangan olahraga (lapangan basket) serta di white board SMA ternama di beberapa kota besar di Indonesia.
c. Tujuan target periklanan (konsumen produk dari periklanan)
Tujuan target periklanan produk Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) adalah semua kalangan masyarakat. Khususnya masyarakat di Jawa kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivitas yang dinamis.
Bab III
Perancangan
A. Pesan iklan
Keunggulan yang akan diekspose sebagai pesan iklan yaitu Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) mempunyai banyak varian rasa contohnya Lychee Lemon, Mangga Kweni, Apple Guava, Orange Lime, dan lain-lain. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) merupakan minuman isotonic membuat badan fit tiap hari. Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) cocok konsumsi saat berolahraga, berlibur, belajar dan para konsumen yang mempunyai aktivitas dinamis yang kebanyakan kalangan remaja.
B. Justifikasi target iklan
Pesan iklan yang telah dipilih dihubungkan kaitannya dengan penggunaan dengan tagline Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) “Bantu Badan Pikiran Semangat 100% 0K!!” visualisasi dengan daya tarik Rasional.
C. Konsep iklan Televisi
a. Daya Tarik Pesan : Daya Tarik Rasional
b. Cast : Miko, Zonia, Nene
c. Jenis Iklan : Jingle, Slice Of Life
d. Teknik : Live Action, Animasi
e. Naskah Iklan :
Naskah Iklan Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)
Jingle lagu : Cleopatra Stratan Zuzu-Zuzu
Scene 01 :
Fade In Medium Shot
Cut To
Cast : Miko bertanding Tenis
Miko dengan mengenakan seragam merah putih bertanding tenis dengan semangat.
Scene 02 :
Miko beristirahat ditemani minuman kesukaannya yaitu “Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)” rasa Passionate Passion Fruit
Sound Voice (Miko) : Pengen Beraktivitas cuma dengan kamu ( memandang kearah Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) ).
Sound Voice (dubbing) : MInuman Isotonic bikin badan fit tiap hari.
Sound Voice (Miko) : Minuman sang Juara.
Scene 03 :
Medium Close Up
Cut To
Zonia memakai pakaian batik sedang berlibur ke Borobudur membawa bekal “Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)” rasa Ur Flava Mangga Kweni.
Sound Voice (Zonia) : Holiday
Scene 04 :
Medium Close Up
Cut Away
Zonia begitu menikmati liburannya, badannya terasa segar setelah minum minuman isotonic Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345).
Sound Voice (dubbing): ZOegerrr.. sensasi rasanya ur flava uniquely yours.
Sound Voice (Zonia) : Sueger Rek.. Rasa Buah`e…
Scene 05 :
Medium Close Up
Cut To
Nene sedang mengerjakan tugas kuliah di taman perpustakaan ditemani minuman kesukaannya “Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345)” rasa Dazzling Apple Guava.
Sound Voice (Nene) : Bikin tambah semangat belajar.
Scene 06 :
Medium Close Up
Cut To
Setelah tugas kuliahnya selesai Nene beristirahat dan minum minuman Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345).
Voice (Dubbing) : Nutrisi Elektrolit bikin mata melek segarkan pikiran.
Nene kembali bersemangat setelah minum Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) dan dia berbagi minuman tersebut kepada temannya.
Sound Voice (Nene) : Kalau Kamu???
Scene 07 :
Medium Shot
Fade Out
Muncul 4 botol minuman Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) dengan berbagai rasa Lychee Lemon, Mangga Kweni, Apple Guava, Orange Lime.
Sound Effect : cipratan air pada botol Mizone (laporan dkv wahyudream.c0m 085725562345) tersebut.
Sound Voice (Dubbing) : MIZONE (LAPORAN DKV WAHYUDREAM.C0M 085725562345).
0 komentar:
Posting Komentar